Kamis, 09 Oktober 2014

The Maze Runner (Film)

Sutradara: Wes Ball
Produser: Marty Bowen
Produksi: 20th Century Fox
Durasi: 113 menit
Rating: R
Cast:
- Dylan O'brien
- Thomas Brodie-sangster
- Will Poulter
- Kaya Scodelario
- Aml Ameen
- Blake Cooper

The Maze Runner dibuka dengan adegan pemuda kebingungan didalam kotak yang bergerak dengan kecepatan tinggi ke atas. Saat ia sampai di atas, ia di sambut oleh tawa orang-orang. Panik, bingung, dan ketakutan pemuda yang dipanggil Greenie itu berlari berusaha kabur namun kemudian terjatuh. Dan menyadari bahwa ia di tempat aneh, sebuah lapang hijau yang dibatasi tembok-tembok raksasa. Rupanya tempat itu bernama Glade, yang berada ditengah-tengah labirin raksasa (Maze). Setiap bulan, kotak yang mengangkat Greenie membawa orang baru dan persediaan. Orang baru itu tidak akan ingat apapun kecuali namanya. 

Disana ada Minho (Ki Hong Lee), ketua pelari; Alby (Aml Ameen) pemimpin para Gladers karna ia yang tertama kali tinggal di Glade; Newt (Thomas Brodie-sangster) sahabat Alby; Chuck (Blake Cooper), Gally (Will Poulter), Frypan, Jeff, Ben. Dll. Pintu labirin terbuka setiap pagi dan menutup sore harinya. Hanya Pelari (Runner) yang boleh memasukinya, karena hanya mereka lah yang tercepat dan terkuat diantara para Gladers (warga Glade). Memang kenapa dibutuhkan orang terkuat tercepat dan terkuat untuk memasuki labirin? Karena didalam labirin ada monster yang mereka sebut Griever, yang keluar saat matahari terbenam, saat pintu labirin tertutup. Lantas untuk apa para Runner memasuki labirin? Tujuannya untuk memetakan Labirin, mencari jalan keluar dari sana. Tidak mudah karna setiap malam labirin itu berubah bentuk. 

Suatu hari, Thomas diserang oleh Ben. Ternyata Ben disengat oleh Griever, dan pikirannya jadi kacau. Tapi benarkah pikirannya kacau? Yang lebih aneh kenapa ia bisa disengat? Bukankah Griever hanya muncul di malam hari di mana pintu labirin sudah tertutup? Akhirnya dengan terpaksa Ben harus di paksa masuk ke dalam labirin pada malam hari. Tak ada yang bisa bertahan semalam di labirin. 

Esoknya sebagai pengganti Ben, Alby pergi bersama Minho untuk mengelilingi labirin. Saat hari sudah hampir sore, mereka belum kembali. Rupanya Alby disengat dan Minho jadi kesulitan. Pintu sudah hampir menutup dan Minho tidak mungkin bisa keluar, para Gladers berusaha memberi semangat tapi percuma. Thomas lalu tiba-tiba menyerobot masuk ke labirin. 

Minho, Thomas dan Alby terjebak dalam labirin. Dan pada malam itu, untuk pertama kalinya ada orang yang selamat setelah semalaman di labirin. Kecerdikan dan keberanian Thomas telah membunuh salah satu Griever. Kesempatan untuk keluar dari labirin seolah semakin cerah. 

Namun tiba-tiba saja kotak itu naik diluar jadwal dan membawa seorang gadis dengan surat "She is the last, ever". 

Kejadian aneh semakin sering terjadi setelah itu. Rupanya, waktu mereka semakin sempit. Mereka harus segera keluar dari labirin atau mati. 

Sebenarnya, saya nonton The Maze Runner gak niat-niat amat. Tanggal 27 september kemarin, teman-teman-saya-yang-baik-hati ngajakin nonton tapi saya gak tau mau pada nonton apa. Saya ngajakin nonton The Giver tapi ternyata tayangnya jam 11 malem -_-. Yasudahlah, gak peduli nonton apa yang penting saya bisa ketemu lagi sama temen saya setelah berbulan-bulan. Yay

Karena itu pula saya tidak tahu-menahu kalau film ini diadaptasi dari novel. Tapi kalau baca reviewnya banyak yang beda. Dan jelas banyak yang tidak dijelaskan di film. Bikin gregetan pengen baca bukunya :3

Saya suka film ini, suka banget malah. Gak tau kalau yang sudah baca bukunya. Filmnya menegangkan, gara-gara sound effect nya sih :D, dan bikin mikir betapa kejamnya teknologi. Karena di jaman distopia itu, ujicobanya bukan binatang lagi, tapi manusia. Iya, para Gladers itu sedang diuji :(. Sedih banget liat Chuck, Gally, Alby dan para Gladers di mainin gitu. Berkali-kali saya tahan nafas, takut Thomas-nya mati *yagakbakallah . 

Masih ada banyak pertanyaan yang belum terjawab, apalagi dengan ending yang bikin kita ngerasa bodoh. Maksud saya, saya sama sekali gak ngerti apa yang terjadi. Tapi tahun depan akan ada sekuelnya lo. Kayaknya emang marketing niih

Ohya. Berikut list pertanyaan saya --atau fail?-- mengenai film ini, yang sudah nonton ato baca bukunya dan sudi menjawab, terimakasih :)

1. Katanya tidak ada yang hidup jika melihat Griever, masalahnya disengat itu berarti di suntik Griever kan? Terus kenapa Alby dan Ben masih hidup? 
2.Kenapa Thomas dipanggil Greenie? Padahal matanya coklat dan bajunya abu-abu. 
3. Para Gladers mendapat persediaan dari kotak. Memang mereka gak mikir kalo ada orang yang ngasih mereka persediaan? Kenapa bingung waktu tau mereka diawasi?
4. Waktu nemu kaos Ben berlumuran darah, itu maksudnya Ben nya dimakan, tapi kaosnya enggak? Dilepehin gitu?

Yaah sekian. *reviewmacamapaini?!

2 komentar:

  1. Halooo... aku mau nyoba jawab pertanyaan2nya ya :)
    1. Maksudnya ngelihat terus nggak ada yang hidup itu karena mereka biasanya nggak bisa lolos dari sengatan griever. Bukan hal2 mistis haha. Selama ini kayaknya orang2 yg terjebak di maze bisanya cuma lari dari kejaran griever yg super cepet itu. Nggak pernah ada yg nyoba manjat kayak Thomas.
    2. Greenie bukan dari matanya. Tapi anak greenie (hijau) dianggap kayak anak bau kencur gitu kalau di sini. Jadi, anak yang baru datang bakal dianggap greenie. Sebelum thomas, chuck greenie-nya.
    3. Hahahaha mungkin nggak kepikiran sampe sana ya. Soalnya ingatan mereka kan dihapus. Thomas sama Teressa aja yang kebetulan bisa ingat soalnya mereka kan 'spesial'
    4. Nah, seingetku sih di buku kejadian ini nggak ada. Tapi mungkin biar ngasih efek kalau Ben diserang griever (entah dimakan atau enggak)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ooh begituu. Hehe makasih sudah menjawab :D

      Hapus

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...