Minggu, 08 Juni 2014

The Queen at War - K.A.S Queen

Judul : The Queen at War (2013)
Penulis : K.A.S Quinn
Alih Bahasa : Ambhita Dhyaningrum
Editor : D. Liana
Penerbit : Metamind (Creative Imprint of Tiga Serangkai)
Terbit : Cetakan ke-1, 2013
Jumlah Halaman : 345 hlm
No ISBN : 978-602-9251-20-3
Genre :  Fantasy

Begitu saya selesai membaca buku ini. Rasanya ... hampa, maklum saja banyak sekali yang masih misteri dalam kisah bersambung ini. Apalagi saya belum membaca buku pertamanya dan langsung meloncat ke buku kedua-nya dengan cover yang sangat mencolok. (begitu melihatnya, saya dan teman-teman saya mengira ini romance)

Di abad ke 19. Grace, putri seorang dokter yang tidak berguna menderita penyakit yang masih asing di zamannya. TBC. Adiknya James, dan Putri Alice sangat khawatir akan kondisinya kemudian membujuk Bernardo DuQuelle untuk memanggil Katie. Gadis yang berasal dari abad 21 untuk kembali dan merawat Grace dengan pengetahuan medis yang lebih maju. Tapi, membawa Katie ke lingkungan istana untuk menemani Grace bukan hal mudah. Katie harus diperkenalkan sebagai bangsawan, dan terlihat seperti bangsawan.


Disisi lain Ratu Victoria yang berkoalisi dengan Prancis dan Turki hendak menyerang Rusia. Perang yang akan terjadi bukan hanya tentang Inggris-Rusia melainkan sebuah perang dunia lain. Perang antara kedamaian melawan kekerasan. Perang mistis ini melibat Katie, sang Tempus. Pihak manapun yang bisa menguasai Katie, ia akan memenangkan perang. Ketika kedua pihak ingin kemenangan yang abadi, salah satu diantaranya harus mati. Jadi, dipihak mana Katie berada?
"Ia bukan orang Inggris maupun Rusia. Ia bahkan bukan bagian dari Varus atau Malum. Tak satupun perang ini miliknya. Bukankah ia punya hak untuk melindungi diri sendiri? Orang lain pasti akan menyelesaikan masalah ini. Namun, kemudian ia merasa muak dengan pikirannya sendiri. Semua ini terserah padanya.." (289) 
Novel yang bagus, agak bertele-tele dan beberapa masalah dengan tata bahasa. Tapi, tema melintasi ruang dan waktu ini memang amat menarik. Kita di bawa ke zaman Victoria, abad 19. Di kerajaan juga medan perang. Kerajaan dengan segala ke'riweuh'annya juga rumah sakit darurat yang sangat-sangat menyedihkan.

Apa ya, ada sesuatu yang kurang dari buku ini. Membuatnya hampir hambar.. Kurang greget.. Tapi, seru juga sih mengikuti Katie kesana kemari, bertemu orang-orang aneh.. Yang bahkan mungkin bukan manusia.

Sejarah yang diangkat juga bukan fiksi, disini banyak sekali hal-hal yang memang nyata. Seperti Perang Krimea yang menjadi setting-nya juga beberapa tokoh dominannya seperti Miss Florence Nightingale, Mary Seacole, William Howard Russel

"Persahabatan membuat segalanya dapat kita tanggung" (308)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...