Kamis, 20 Maret 2014

The Litigators - John Grisham



Judul Asli : The Litigators
Judul Terjemahan : Pengacara Sidang
Pengarang : John Grisham
Alih Bahasa : Lily M. Boynton
Desain Sampul : Eduard Iwan Mangopang
Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama

Terbit : Cet ke-1, Juli 2013 
Jumlah Halaman : 592 hlm 
ISBN : 978-979-22-9758-4


Jujur saja, ini adalah karya John Grisham yang pertama saya baca. Tidak menemukannya dengan tidak sengaja juga. Ini gara-gara 2014 Mystery Book's Club hehehe. Awalnya sih mau beli The Confession, eeh stok nya kosong, sedih deh. Tapi The Litigators juga seru kok.

Buku ini di buka dengan pengambaran biro hukum butik payah Finley & Figg, (secara tidak langsung mengingatkan saya pada bacaan misteri terakhir saya, The Cuckoo's Calling, dimana Strike sama payahnya). Di biro hukum itu hanya ada dua pengacara. Oscar Finley yang di hidupnya hanya menginginkan perceraian dan pensiun juga Wallis Figg yang ambisius.

Tokoh utama kita, David Zinc telah 5 tahun bekerja di biro hukum raksasa Rogan Rothberg dengan penghasilan US$300.000 per tahun. Meski begitu pekerjaannya membuatnya gila dan akhirnya membuat ia memutuskan pergi dari sana dan bergabung di Finley & Figg.


Hingga mereka bertemu dengan kasus Krayoxx. Yang menurut Wally akan menghasilkan banyak uang, meski menurut Oscar sebaliknya. Mereka tetap memperjuangkan kasus ini. Berhasilkah?

Saya sama sekali tidak mengetahui bagaimana cara kerja pengacara. Secara awam, mereka membela satu pihak yang terlibat pidana, khususnya yang tidak mengerti soal hukum. Membaca The Litigators memperluas wawasan saya, walau sama seperti David yang naif, terkejut melihat kenyataan hukum jalanan yang kotor

Meski membosankan, saya akui, novel ini menarik. Mengikuti perjalanan mereka mencari klien, bertengkar, dan putus asa, sering kali mengundang tawa. Aneh juga, di awal bab saya berharap mereka hancur saja, muak melihat kelakuannya Tapi, di akhir buku, sampai sidang di tutup saya terus mengharap keajaiban.

Bagian favorit saya, ketika David melakukan silang pada saksi ahli pihak pembela yang benar-benar di luar dugaan semua orang. Sayang mereka tetap kalah, tapi paling tidak mereka telah melewati babak paling penting dalam hidup mereka masing-masing.

Post ini diikut sertakan dalam



4 komentar:

  1. aku penasaran sama buku ini,belum baca nih :) memang salah satu yang njelimet dari buku2 grisham adalah istilah hukumnya :D tapi seru juga sih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, jadi penasaran juga sama buku-bukunya yang lain. Siapa tau bisa jadi pengacara sungguhan, hohoho

      Hapus
  2. Not the best works of Grisham, tapi tetap memberikan kesan khusus serta daya tarik unik terhadap dunia legal melalui sudut pandang Grisham :D

    BalasHapus

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...