Sabtu, 07 Desember 2013

Towards Zero - Agatha Christie


Judul : Towards Zero (1944)
Judul Terjemahan : Menuju Titik Nol
Pengarang : Agatha Christie
Alih Bahasa : Windrati Selby
Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama
Terbit : Cetakan ke-enam, Januari 2013
Jumlah Halaman : 304 hlm
ISBN : 978-979-22-9176-6

"Saya suka cerita detektif yang baik", kata Mr. Treves. "Sayang awal cerita-cerita itu biasanya salah! Dimulai dengan pembunuhan—padahal pembunuhan adalah akhirnya. Segalanya berawal jauh sebelumnya, kadang-kadang bertahun-tahun sebelumnya, dengan segala macam kejadian yang berkaitan, yang mengarahkan orang-orang tertentu, pada waktu tertentu, ke tempat tertentu pula. Semua mengarah ke satu titik... Kemudian, ketika saatnya tiba... terjadilah! Titik Nol!"  Mr. Treves duduk merenung di depan perapian, merenungkan segala kejadian yang dialaminya hari itu. "Bahkah sekarang", lanjutnya, "sebuah pembunuhan sedang dipersiapkan. Seandainya aku berniat menulis cerita pembunuhan yang brutal dan bergelimang darah, cerita itu akan kumulai dengan seorang pria tua yang duduk merenung di depan perapian... berpikir-pikir, merancang... dan mengarahkan segala kejadian serta orang-orang tertentu menuju titik nol".

Kisah ini berawal dari sepasang suami-istri Nevile Strange dan Kay Strange berlibur ke Gull's Point. Tapi, ada hal janggal, entah siapa yang mengaturnya. Nevile dan Audrey -mantan istrinya- harus bertemu pada saat yang sama, dan membuat Kay geram. Hingga suatu malam, pembunuhan atas Lady Tressilan terjadi. Apa pembunuhnya adalah pembunuh cilik di masa lalu yang dimaksud Mr. Treves? Apa itu pula yang menyebabkan kematiannya? Kemana sebenarnya tujuan 'pembunuhan-pembunuhan' ini?
'Menuju Titik Nol' adalah salah satu karya Agatha favorit saya. Saya sangat suka dengan caranya mempermainkan pembaca. Pertama-tama pembaca di arahkan bahwa sang pembunuh adalah Nevile Strange. Tapi, hal-hal janggal menunjukan bahwa bukti-bukti itu palsu, dan pembaca mulai berasumsi bahwa Audrey Strange-lah sang penjahat, semua bukti mengarah padanya. Tapi apakah itu benar? Jangan terkecoh sobat, karna penjahat sebenarnya adalah orang yang benar-benar tidak anda duga.. Bahkan walau petunjuk dimana-mana. Tidak, anda takkan menduganya. Seperti yang di katakan pelakunya sendiri dalam kutipan berikut

Terdengar jeritan sangat aneh keluar dari mulutnya
"Tapi gagasan itu memang hebat - sungguh! Anda tak akan menyangkanya. Tak akan! kalau saja bukan karena ..."

Nah lo karena apa?


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...